PNJ

Pusat Peningkatan & Pengembangan Aktivitas Instruksional

politeknik negeri jakarta


PROFIL


SEKILAS P3AI PNJ


Arah dan kebijakan DIKTI dalam pengembangan pendidikan tinggi (HELTS 2003-2010) dituangkan dalam 3 pilar yaitu, daya saing bangsa (nation’s competitiveness), otonomi (autonomy) dan kesehatan organisasi (organization health). Dengan tiga pilar itu diharapkan dapat menghasilkan lulusan berkualitas dan berdaya saing tinggi. Berkaitan dengan itu Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) sebagai lembaga pendidikan tinggi professional telah mencanangkan tujuan tersebut dalam rencana strategisnya, yaitu “Proses belajar mengajar yang berkualitas”.


Sejalan dengan waktu, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dunia kerja, kualitas lulusan harus selalu dievaluasi dan ditingkatkan supaya mereka dapat bersaing. Salah satu upaya meningkatkan kualitas lulusan adalah melalui beragam pembaharuan dalam pembelajaran seperti melakukan perubahan terhadap ide, konsep atau strategi praktis dalam pembelajaran berdasarkan permasalahan dan tantangan yang dihadapai dari waktu ke waktu dan untuk mendukung terlaksananya UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Sistem Pendidikan Tinggi, Perpres Nomor 8 Tahun 2012 tentang KKNI, Permendikbud Nomor 73 tahun 2013 tetang Penerapan KKNI pada Bidang Pendidikan Tinggi, dan Permendikbud Nomor 049 tahun 2014 tentang Standar Nasional Dikti. Maka Politeknik Negeri Jakarta melalui P3AI (Pusat Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional) meandukung peningkatan kualitas pendidikan khususnya pembelajaran melalui pelatihan-pelatihan yang dapat menunjang kualitas pendidik dalam proses pengembangan.

PROGRAM P3AI PNJ

  • Pelatihan PEKERTI
  • Pelatihan Applied Approach
  • Pelatihan Penulisan Bahan Ajar dan Editing Buku


PELATIHAN PEKERTI
Pendidikan pelatihan fungsional dosen adalah kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka peningkatan kemampuan dosen baik dari segi materi pengajaran maupun kemampuan didaktik metodik. Menurut Kepmendiknas Nomor: 36/D/O/2001 yang termasuk kedalam diklat ini adalah Program Pengembangan Keterampilan Teknik Instruksional (PEKERTI) dan Applied Approach (AA).


PELATIHAN APPLIED APPROACH
Seorang dosen/staf pengajar di perguruan tinggi seyogianya mempunyai 3 jenis kemampuan dasar yang perlu dikembangkan yaitu: (1) kemampuan subyek, yaitu kemampuan sebagai ahli dalam disiplin ilmu yang ditekuni, (2) kemampuan kurikulum, yaitu kemampuan untuk menjelaskan peran dan kedudukan mata kuliah yang menjadi tanggungjawabnya sesuai kurikulum program studi/profesi, (3) kemampuan androgogik, yaitu kemampuan untuk melaksanakan proses pembelajaran (perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil belajar) dari mata kuliah yang menjadi tanggung-jawabnya.


PELATIHAN EDITING BUKU ISBN
Salah satu tugas P3AI-PNJ adalah mengembangkan bahan ajar (buku ajar ber-ISBN). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam meningkatkan kompetensi bidang ilmunya sehingga dapat dihasilkan suatu dokumen sumber belajar yang bermanfaat untuk peserta didik. Melalui diktat tersebut para dosen dapat menuangkan hasil-hasil penelitiannya, sehinga diktat tersebut akan memuat hal-hal baru, tepat guna, inovatif sejalan dengan perkembangan IPTEKS.